Rabu, 21 Juni 2017

Pasar wangon

Tidak selamanya sampah di pasar wangon harus berakhir di tempat sampah dan akhirnya ditumpuk di tempat pembuangan akhir.  Sebagian sampah adalah tambang emas bagi orang-orang yang dapat memanfaatkannya.  Di dalam tumpukan sampah rumah tangga biasanya ada sampah-sampah yang masih dapat digunakan atau didaur ulang sehingga bisa diubah menjadi sesuatu yang bernilai guna.

Bagi orang awam barang-barang bekas adalah barang-barang yang sesuatu yang tidak banyak artinya.  Daripada memenuhi gudang atau ruangan di dalam rumah, akan jauh lebih bermanfaat jika dijual kepada para para penadah barang bekas misalnya dijual ke Bank Sampah Latahzan desa pengadegan kecamatan Wangon.  Biasanya para tukang barang bekas berburu barang bekas dari rumah ke rumah dengan menggunakan gerobak bertuliskan tulisan "beli barang bekas".  Jika anda mempunyai banyak stok barang bekas sejenis maka anda bisa mencoba menawarkannya kepada para tukang barang bekas tersebut.

Daftar Beberapa Barang Bekas atau Sampah yang Dapat Dijual atau Dimanfaatkan Kembali :

1. Besi
2. Kardus
3. Kertas
4. Botol Kaca
5. Gelas Air Minum Dalam Kemasan Plastik
6. Botol Air Minum Dalam Kemasan Plastik
7. Kaleng
8. Alumunium
9. Kayu
10. Drum
11. Buku
12. Majalah
13. Koran
14. Tembaga
15. Kuningan
16. Stainless Steel
17. Dus Air Minum Dalam Kemasan
18. Botol Plastik Daur Ulang
19. Bongkaran / Puing
20. Berbagai Peralatan Elektronik

Barang-barang bekas akan dikumpulkan di pengepul barang rongsokan.  Biasanya tempat-tempat pengumpul barang bekas rongsokan ini mudah untuk dikenali hanya dengan melihat penampakannya.  Biasanya tempat yang mengumpulkan barang rongsokan bentuknya sangat sederhana, kotor, jorok, dan kondisi ala kadarnya.  Barang-barang bekas ditumpuk-tumpuk begitu saja atau disatukan terlebih dahulu di dalam karung sebelum ditumpuk.

Setelah suatu jenis barang rongsokan mencapai jumlah tertentu maka barang rongsokan tersebut akan dikirim ke pengumpul yang lain atau ke pembeli yang akan memproses barang rongsokan menjadi sesuatu yang bernilai guna.  Barang-barang bekas tersebut bisa diolah secara modern maupun diolah secara tradisional tergantung pihak yang mengolah barang rongsokan tersebut.  Hasil olahan bisa berupa barang jadi maupun barang mentah yang perlu diolah lebih lanjut menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh konsumen akhir.

Contoh Siklus Barang Jadi Menjadi Barang Rongsokan dan Diubah Menjadi Barang Jadi Lagi :

1. Barang Jadi : Air minum dalam kemasan botol plastik baru
2. Barang Rongsokan : Botol plastik air minum dalam kemasan bekas
3. Bahan Mentah Hasil Daur Ulang : Biji plastik siap olah
4. Barang Jadi Hasil Daur Ulang : Toples kue plastik, gelas plastik, sendok plastik, garpu plastik, dll

Bagi orang-orang yang kreatif dan inovatif, tidak ada hal yang tidak dapat dimanfaatkan.  Sampah pun bisa diubah menjadi uang.  Begitu pula dengan bisnis barang-barang bekas.  Jika ditekuni dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin dapat berubah menjadi bisnis yang menghasilkan banyak uang.  Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terima kasih.